Blog Section

3 Penyebab Tersering Nyeri Sendi

3 Penyebab utama nyeri sendi

Nyeri sendi adalah penyakit yang sering diderita oleh masyarakat pada umumnya. Akan tetapi banyak yang salah kaprah. Nyeri sendi tidak selalu sama dengan asam urat. Sering kali  kita dengar, apapun penyebab nyeri sendi dan dimanapun lokasinya, asam urat  selalu dinyatakan sebagai penyebab.  Benarkah demikian ? Mari kita simak penjelasan berikut

Nyeri sendi ditandai oleh pembengkakan, peradangan, kekakuan, atau pembatasan gerakan.  Untuk mendiagnosis penyebab nyeri sendi, dokter perlu melihat penyebab lain seperti ada tidaknya  gejala seperti  sakit kepala berat, sakit perut, demam, atau menggigil. Jadi nyeri sendi tidak hanya disebabkan oleh karena penyakit yang menyerang sendi, bisa juga disebabkan kondisi sistemik seperti influenza  demam berdarah, penyakit autoimun, dan infeksi bakterial

Berikut adalah 3 penyebab umum sakit persendian

1. Penyakit rematik (rheumatoid arthritis)

Rematik bukanlah penyakit khas usia tua.  Malah sebaliknya, wanita muda paling sering terkena rhematoid arthtritis. Gejala yang sering didapatkan yaitu nyeri sendi yang simetris ( rata ) antara tangan kanan dan kiri, terutama diawali di bagian jari jari tangan. Kondisi ini diakibatkan karena kerusakan sistem autoimun sehingga tubuh menghasilkan zat yang menyebabkan peradangan, terutama pada sendi.  Sendi akan tampak kemerahan, bengkak dan nyeri jika dipegang. Lama kelamaan bisa terjadi kerusakan pada sendi dan terjadi kecacatan ( deformitas ).

2. Osteoartritis

Osteoartritis adalah penyakit sendi degeneratif (umumnya menyerang mereka yang berusia di atas 45 tahun). Osteoarthtritis paling sering mengenai sendi lutut dan biasanya lutut akan terasa nyeri bila digerakkan disertai krepitasi ( berbunyi) , terutama bila melakukan aktivitas berlebih. Tanda peradangan seperti bengkak, kemerahan dan adanya cairan ( efusi ) tidak selalu didapatkan. Beberapa faktor predisposisi osteoarthtritis  yaitu usia tua (diatas 45 tahun ) , berat badan berlebih atau akibat trauma yang terus menerus misal akibat olah raga. Osteoathtritis bisa terjadi tidak hanya pada sendi lutut tapi juga pada tulang belakang, persendian dan jari tangan.

3 Gout (asam urat)

Gout athtritis terutama terjadi pada pria , jarang didapatkan pada wanita. Gejala yang khas yaiu adanya nyeri pada ruas ibu jari kaki, yang dikenal sebagai podagra. Nyeri ini terutama pada malam hari dan terjadi mendadak. Berbagai faktor predisposisi seperti riwayat trauma, adanya konsumsi alkohol, makan makanan yang kaya purin dan jenis kelamin pria. Saat serangan, asam urat ini dapat diobati dengan nsaid ( penghilang rasa nyeri) biasa.

Selain kelima kondisi di atas, SLE ( lupus eritematosus ) dan penyakit infeksi seperti demam rematik, gondongan, cacar air, hepatitis, dan influenza juga dapat menyebabkan nyeri persendian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *