Blog Section

4 FASE DAN TAHAPAN ASAM URAT

4 FASE ASAM URAT

Gout arthtritis  adalah adanya penumpukan kristal asam urat  di sendi dan di jaringan lunak, sehingga menimbulkan manifestasi klinis.

Berbagai faktor pemicu gout yaitu

  1. Keturunan:

Gout sebagian dipicu oleh faktor genetik. Bila orang tua Anda menderita gout, Kemungkinannya 20% Anda akan terkena gout

  1. Pola makan yang salah:  Pola makan yang salah, gaya hidup, seperti berlebihan mengkonsumsi jeroan dan makanan tinggi purin lainnya juga meningkatkan risiko gout.
  2. Obesitas:  berat badan berlebih
  3. Penggunaan obat-obatan tertentu:  lasix, obat-obatan kemoterapi  meningkatkan risiko gout.
  4. Cacat bawaan : kekurangan atau tidak adanya enzim tertentu bisa menyebabkan gout. Khas nya adalah serangan gout  terjadi pada usia kurang dari 30 atau  pada wanita pra-menopause
  5. Penyakit ginjal berat atau keracunan obat atau toksin, seperti etanol atau timbal.

Ada empat tahap penyakit gout. Jika Anda memiliki gout, penting sekali untuk mengetahui empat tahap ini sehingga dapat memahami perkembangan kondisi Anda. Dengan pengelolaan asam urat yang baik, Anda dapat menghindari tahap terakhir gout yang melumpuhkan.

Tahap 1: Hiperurikemia Asimtomatik

Kadar asam urat di tubuh Anda tinggi, tetapi tidak menimbulkan gejala. Sebagian besar pasien  menyadari kondisi mereka setelah melakukan tes darah yang mengukur jumlah asam urat yang terkandung dalam darah

Perawatan biasanya tidak diperlukan pada tahap ini. Kebanyakan pasien memiliki kadar asam urat tinggi selama bertahun-tahun sebelum serangan pertama mereka. Risiko serangan meningkat dengan meningkatnya kadar asam urat. Pengobatan yang tepat dalam tahap ini adalah berupaya mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

Tahap 2: Serangan gout akut

Hiperurikemia berkelanjutan menyebabkan penumpukan kristal  urat di persendian. Kristal ini kemudian merangsang  keradangan yang menimbulkan serangan akut. Pasien biasanya terbangun di malam hari karena rasa sakit dan pembengkakan sendi. Sendi yang terkena adalah terutama sendi kaki , dengan bagian khas  mengenai  jempol. Sendi yang terkena akan memerah, nyeri dan  mengalami peradangan.  Anda juga akan merasakan keluhan lain seperti demam, lemas, menggigil.  Rasa sakit akan menghilang dalam 3-10 hari,  dengan atau tanpa terapi

Tahap 3: Interval kritis

Ini adalah tahap setelah episode gout yang bebas gejala. Sekitar 66% pasien akan mengalami serangan kedua dalam satu tahun. Pada fase ini , kami  akan memberikan terapi untuk mencegah serangan berulang. Sendi sudah tidak mengalami peradangan akan tetapi  asam urat masih  tinggi dalam darah dan berpeluang untuk timbulnya keluhan berulang.

Tahap 4: Gout tingkat lanjut

Pada tahap akhir gout ini,  asam urat telah mengkristal dan  mengalami penimbunan pada  jaringan. Anda akan merasakan  keluhan seperti kekakuan,   nyeri sendi  dan bahkan persendian sukar digerakkan. Kadang bisa didapatkan luka dengan nanah putih di daerah yang terkena, nyeri sendi simultan pada berbagai bagian tubuh, dan fungsi ginjal memburuk. Sering pula terbentuk tofus  yaitu penimbunan asam urat pada jaringan yang  bersifat merusak pada  siku,sendi  lutut, jari kaki, tendon Achilles, dan, lebih jarang, di daun telinga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *