Blog Section

Robekan ACL

Robekan ACL

Ligamen Anterior krusiata ( dikenal juga sebagai ACL ) adalah salah satu dari ligamen yang menyokong sendi lutut.  Robekan ACL biasanya terjadi jika  tulang pada kaki terpuntir pada arah yang berlawanan karena trauma langsung dibawah lutut.

Sebanyak 1 setiap 3000 individu akan mengalami trauma ACL setiap tahunnya. Robekan ACL sering terjadi  pada atlet yang bertabrakan  dengan  atlet lain. Atlit wanita berpeluang 5 kali lipat menderita robekan ACL  dibanding dengan atlit pria.

 

Gejala Trauma ACL

Bila ACL anda  mengalami robekan, biasanya akan terdengar bunyi “pop” dan anda akan merasakan

Seperti sendi lutut anda terlepas

Diagnostik Trauma ACL

 

Pemeriksaan fisik pada lutut

Area lutut tampak bengkak kebiruan dan ada deformitas. Kadang bisa ditemukan efusi (adanya cairan). Dokter anda akan melakukan berbagai manuver untuk melakukan pemeriksaan seperti  Lachmann test, the pivot-shift test, dan the anterior drawer test. Sisi lutut anda yang tidak terpengaruh akan dgunakan sebagai perbandingan

Pemeriksaan Penunjang

X-rays  dari lutut akan dilakukan untuk menyingkirkan penyebab lain seperti   tibial plateau atau  tibial spine fracture.  Pada ACL injuries biasanya gambaran foto polos akan normal. Magnetic resonance imaging  juga menjadi pilihan untuk melihat ligamen yang cidera.


Terapi Trauma Penunjang

Terapi non surgikal (tanpa tindakan bedah)  diperuntukkan pasien yang tidak melakukan aktivitas berlebih, seperti lari atau  melompat.Tindakan bedah mungkin tidak diperlukan pada individu aktif yang tidak  menderita instabilitas lutut. Pada kondisi seperti ini obat-obatan anti radang ibuprofen dan tramadol dapat digunakan untuk meredakan nyeri. Demikian pula obat seperti kodein dan hidrokodone.

Sedangkan jika robekan ACL terjadi pada  atlet dan pada dewasa yang aktif harus dilakukan rekonstruksi secara tindakan bedah. ACL ligamen dapat direkonstruksi dengan menggunakan bedah secara artroskopi.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *