Blog Section

8 Cara Tepat Atasi Nyeri Lutut

8 Cara Tepat Atasi Nyeri Lutut

Lutut merupakan bagian dari sendi yang cukup sering mengalami cedera.

Pada saat rasa sakit dan nyeri lutut benar-benar menyiksa, bagaimana cara tepat mengatasinya?

1.Mengompres dengan es batu merupakan langkah pertama untuk meredakan nyeri lutut. Bungkus es batu dengan handuk supaya es batu tidak langsung menempel pada kulit.

2.Jika Anda menggemari kegiatan mendaki gunung atau berlari, kurangi kebiasaan tersebut. Aktivitas tertentu dapat membuat lutut mudah cedera dan menyebabkan rasa nyeri.

3.Periksa sepatu yang Anda kenakan. Apakah hak, ukuran, atau bahannya telah sesuai? Alas kaki juga turut berperan memicu timbulnya nyeri lutut.

4.jika terdapat perbedaan panjang kaki, segera konsultasikan pada dokter. Panjang kaki sebaiknya harus proporsional untuk menghindari rasa nyeri dan cedera.

5.sering-sering melakukan olahraga dengan cara merenggangkan kedua kaki lebar-lebar. Peregangan tersebut membantu otot kaki lebih fleksibel dan dapat mengurangi risiko nyeri pada lutut.
Otot bagian paha belakang juga perlu dilatih dengan olahraga tertentu. Konsultasikan dengan dokter mengenai jenis olahraga yang tepat untuk menguatkan bagian otot tersebut.

6.konumsi alpukat, jahe, ikan yang mengandung omega-3, kedelai
Ini adalah bahan makanan yang dapat menguatkan lutut.

7. Terapkan postur tubuh yang baik dapat menghindari nyeri lutut. Pada saat duduk, pastikan kaki tidak menggantung atau tertekuk. Posisikan tubuh senyaman mungkin. Selain itu, jangan menyilangkan kaki pada waktu duduk dalam jangka waktu lama.

8. Batasi konsumsi garam yang dapat memicu penyimpanan air berlebih dan membengkak, ini berpotensi menyebabkan nyeri lutut

Semoga bermanfaat
Dr Dokter Megaputera SpOT
#dokterlutut
#dokterbedahtulang
#doktercideraolahraga
#doktercederaolahraga

Www.surabayakneecentre.comwww.surabayakneecentre.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *