Blog Section

APA ITU ASAM URAT ?

 

 

APA ITU ASAM URAT / GOUT ARTHTRITIS ?

 

Gout Arthtritis  adalah penyakit yang ditandai adanya pengendapan asam urat di jaringan. Kondisi ini bisa diakibatkan karena kadar asam urat yang sangat tinggi atau karena kadar asam urat yang masih baik tetapi ada gangguan dalam pembuangan asam urat.

Asam urat adalah hasil metabolisme purin yang terutama  terdapat dalam protein hewani. Asam urat terutama dibuang melalui air seni. Sedangkan asam urat yang berlebih akan menumpuk dalam aliran darah, mengendap dalam bentuk kristal di sendi-sendi kecil atau jaringan lunak sehingga menimbulkan nyeri dan peradangan akut (artritis).

Jika asam urat yang menumpuk dibiarkan terus menerus, maka asam urat akan mengkristal. Dalam jangka panjang, maka asam urat akan menumpul di ginjal dan lama lama menyebabkan batu ginjal sehingga dapat terjadi gangguan ginjal.

Asam urat juga dikenal sebagai faktor inflamasi ( Keradangan ) yang  akan menyebabkan peradangan yang terus menerus, merusak dinding pembuluh darah. Akibatnya Anda akan  mudah terkena serangan jantung. Penderita asam urat umumnya memiliki risiko kematian antara 30-50% lebih tinggi dibandingkan dengan bukan penderita.

Faktor risiko lainnya timbulnya gejala asam urat adalah  adalah karena konsumsi diet tinggi purin, berat badan berlebih (obesitas) dan terapi diuretik (furosemide).

Terapi asam urat

Untuk mengelola asam urat, dokter biasanya menyarankan diet rendah purin dan memberikan obat-obatan seperti obat anti-inflamasi dan allopurinol.

Diet yang efektif sangat penting untuk menghindari komplikasi dan mengurangi biaya pengobatan.

Pasien penyakit asam urat antara lain harus menghindari makanan kaya purin berikut dan menggantinya dengan yang berkadar purin lebih rendah.

  • Makanan berkadar purin sangat tinggi yang harus dihindari: anchovy, tuna (cakalang), herring, makarel, ikan teri, saripati daging, jeroan, otak, kaldu, remis, sarden, kerang, udang, kepiting, roti manis, melinjo, jamur kuping
  • Makanan berkadar purin tinggi/sedang yang harus dibatasi: daging unggas, asparagus, bunga kol, kacang-kacangan, jamur merang, kacang kapri, kedelai, bayam, tahu, tempe.
  • Makanan berkadar purin rendah yang aman dimakan: mentega, sereal dan produk sereal, keju (semua jenis),cokelat, jagung, telur, jus buah, buah-buahan, gelatin, susu, yoghurt, mie, terigu (bukan gandum utuh), singkong, ubi jalar, sayuran (kecuali yang disebut di atas), biskuit, nasi putih.

Selain itu, Anda juga disarankan:

  • Meningkatkan diet berkarbohidrat tinggi, meminum cukup cairan, dan memastikan kecukupan vitamin C untuk merangsang ekskresi asam urat.
  • Mengurangi diet tinggi lemak dan fruktosa yang mendukung retensi asam urat.
 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *