Blog Section

Arthritis sebagai penyebab nyeri lutut

Arthritis  sebagai penyebab nyeri lutut

Arthritis sebagai penyebab nyeri lutut  – Nyeri lutut tentunya adalah salah satu masalah yang sering dihadapi hampir semua orang. Ada berbagai penyebab nyeri lutut , misalya terkait perubahan cuaca, karena faktor radang, karena faktor mekanis. Jika Anda sering merasakan nyeri pada lutut terutama saat malam hari, bisa jadi itu disebabkan karena cuaca yang dingin. Biasanya keram akan hilang dengan sendirinya, dan berlangsung cenderung singkat.

Kadang kala lutut anda bisa terasa sangat nyeri  dan sering kali kondisi ini disebabkan oleh adanya arthtritis. Berikut adalah beberapa contoh arthritis yang sering dihadapi di klinis

1.Osteoarthritis

Dengan bertambahnya usia atau penggunaan yang berlebihan, lutut menjadi kurang fleksibel, kaku dan terasa nyeri. Rasa sakit ini bisa memburuk saat Anda menumpukan beban pada lutut. Osteoarthritis juga dapat menyebabkan pembengkakan yang dipenuhi cairan di bagian belakang lutut, yang terasa sangat menyakitkan.

OSTEOARTHIS

2.Rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang jaringannya sendiri , yang sering juga dikenal sebagai suatu kondisi autoimun. Kondisi ini bisa terjadi pada setiap sendi tubuh dan  persendian yang terkena biasanya lebih dari 1 sendi. Sendi yang terkena akan terasa sangat nyeri dan timbul  kemerahan. Nyeri akan  terasa berat saat bangun tidur dan saat siang biasanya nyeri  akan berkurang. Skrining yang bisa membantu menegakkan diagnosis adalah dengan pemeriksaan laboratorium seperti rematic factor dan anti ccp

Sering kali pasien menyangka nyeri lutut ini adalah akibat asam urat . Yang perlu dipahami adalah penyakit asam urat/artritis gout jarang menyebabkan rasa nyeri pada lutut. Biasanya asam urat terasa nyeri pada jempol kaki, terasa bengkak, kemerahan. Selain itu, biasanya artritis gout disebabkan karena kadar asam urat yang tinggi dalam jangka waktu yang lama.

Rheumatoid arthritis

3.Arthritis akibat infeksi

Ini terjadi saat lutut Anda terinfeksi. Gejala yang bisa dirasakan yaitu lutut akan membengkak  kemudian terasa panas dan nyeri bahkan saat diraba. Anda mungkin harus menguras cairan yang menumpuk dalam lutut sebelum meminum antibiotik. Dalam beberapa kasus, operasi diperlukan.

Arthritis akibat infeksi

 

Dr Megaputera SpOT

Hp/WA 08113322199

www.surabayakneecentre.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *