Blog Section

BAGAIMANA CARA DIAGNOSIS NYERI PUNGGUNG?

Apa yang akan dilakukan olah dokter anda saat anda berkonsultasi di rumah sakit ?

Saat anda pertama kali menemui dokter, anda akan diberikan banyak pertanyaan mengenai nyeri punggung anda termasuk seberapa sering nyeri ini akan timbul dan juga derajat keparahannya.  Dokter anda akan menentukan penyebab dari nyeri punggung anda dan memberikan beberapa modalitas terapi  seperti es, analgetik ringan , terapi fisikal dan latihan yang  sesuai. Kebanyakan nyeri punggung akan membaik dengan pendekatan ini .

Pertanyaan apa yang akan diajukan oleh dokter anda ?

  •  Apakah nyeri punggung anda berada pada satu sisi atau pada kedua sisi punggung
  • Bagaimanakah rasa nyeri tersebut ?  apakah terasa menetap, terasa menusuk , tajam atau terasa terbakar ?
  • Apakah ini pertama kali anda mengalami nyeri punggung?
  • Kapankah nyeri tersebut dimulai , apakah mulai secara mendadak ?
  • Apakah sebelumnya ada riwayat trauma atau riwayat kecelakaan ?
  • Apakah yang anda lakukan sebelum mulai timbul rasa nyeri ?apakah anda mengangkat barang atau membungkuk ?  apakah anda duduk di komputer anda  atau mengendarai mobil pada jarak yang jauh ?
  • Apakah anda tau penyebab dari nyeri punggung sebelumnya ?
  • Seberapa lamakah setiap episode dari nyeri punggung biasanya berlangsung ?
  • Apakah anda merasakan nyeri di bagian lain dari tubuh anda seperti pada punggung anda, paha anda , kaki anda atau telapak kaki anda ?
  • Apakah anda merasakan adanya mati rasa atau sensasi kesemutan ?  adakah kelemahan  atau hilangnya fungsi  dari kaki anda atau bagian lain dari tubuh anda ?
  • Apakah yang membuat nyeri anda semakin  parah ? mengangkat barang , berdiri atau duduk dalam waktu yang lama ?
  • Apakah yang membuat nyeri punggung anda membaik ?
  • Apakah ada gejala lain yang timbul? Penurunan berat badan , demam, Perubahan saat buang air kecil , perubahan dari pola buang air besar ?

Selama pemeriksaan fisik , dokter anda akan melokalisasi letak nyeri dan mempelajari bagaimana kondisi ini akan mempengaruhi pergerakan anda. Anda akan diminta untuk :

  •  Dduduk , berdiri dan berjalan . Saat berjalan , dokter anda akan emminta anda untuk mencoba berjalan pada  jemari anda kemudian pada telapak kaki anda. .
  •  Membungkuk ke depan , ke belakang dan menyamping .
  • Mengangkat kaki anda lurus saat berbaring. Bila nyeri bertambah berat saat anda melakukan tindakan ini, anda mungkin memiliki sciatica  ( keradangan pada saraf ischiadikus ) , terutama bila anda juga merasakan nyeri dan kesemutan pada salah satu kaki anda.

Dokter anda juga akan menggerakkan kaki anda pada banyak posisi berbeda termasuk membungkuk dan meluruskan kaki anda, dokter juga akan menilai kekuatan anda termasuk kekuatan anda untuk bergerak .

Untuk menilai fungsi saraf, dokter anda akan menggunakan suatu hammer ( palu ) untuk memeriksa refleks anda. Menyentuh kaki anda pada berbagai likasi dengan sebuah jarum , dengan kapas atau dengan bulu , untuk memeriksa sistem saraf anda . Dokter juga akan mengisntruksikan anda untuk mengatakan jika ada daerah dimana sensai dari jarum , kapas atau bulu .

Pada kondisi di bawah ini, kami akan memeriksa anda dengan pemeriksaan lanjutan.

    1. Nyeri yang berlangsung lebih lama dari 1 bulan
    2. Aadanya mati rasa
    3. Kelemahan otot
    4. Adanya riwayat trauma
    5. Demam
    6. Anda diatas usia 65 tahun
    7. Anda dengan kecurigaan ke arah kanker atau anda dengan riwayat keluarga terkena kanker
    8. Adanya penurunan berat badan

Dalam kondisi ini, kami  akan mencari adanya kemungkinan tumor, infeksi , patah tulang ataupun kelainan pada saraf yang lebih serius.  Pemeriksaan yang bisa  diusulkan adalah pemeriksaan x ray, myelogram  ( X ray atau CT scan ) MRI. Perawatan lebih lanjut , penggunaan traksi atau tindakan bedah tulang belakang  harus dipertimbangkan jika ada kerusakan dari saraf  ataupun tidak ada penyembuhan setelah terapi berlangsung lama

Kadang kami akan menyarankan pemberian terapi fisik ( rehabilitasi ). Dokter anda akan menentukan apakah anda akan membutuhkan rehabilitasi . Anda juga akan mempelajari cara-cara untuk mencegah timbulnya nyeri punggung kembali .

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *