Blog Section

Cedera Meniskus

Mengenal cedera meniskus

Apa yang dimaksud dengan meniskus?

Meniskus adalah fibrokartilago berbentuk C yang terletak di antara paha dan tulang kaki, memberikan bantalan bagi permukaan sendi dan melindungi dari penggunaan berlebihan dan sobekan. Terdapat 2 meniskus pada masing-masing lutut, meniskus medial dan meniskus lateral.

Meniskus tidak memiliki suplai darah sehingga apabila mengalami kerusakan tidak dapat merangsang proses penyembuhan normal seperti bagian tubuh lainnya.

Sebagai tambahan, dengan bertambahnya usia, meniskus dapat rusak dan mengalami sobekan degenaratif. Bagian luar meniskus memiliki suplai darah yang berasal dari bagian luar. Sobekan yang terjadi dekat dengan ujung luar dapat mengalami perbaikan.

Bagaimana terjadinya sobekan pada meniskus?

Meniskus dapat cedera saat lutut melakukan gerakan memutar, terutama saat mengangkat beban. Cedera ini terjadi pada saat olahraga sepak bola, olahraga squash, dan tenis.

Apabila sobekan yang terjadi kecil, meniskus dapat berhubungan dengan bagian depan dan belakang lutut dan tetap stabil. Apabila sobekan yang terjadi besar, lutut tidak stabil dan meniskus dapat bergerak keluar masuk pada sendi lutut. Keparahan keluhan bergantung pada lokasi dan perluasan cedera.

Apa yang saya rasakan saat meniskus saya sobek?

Beberapa orang mengeluhkan rasa nyeri, terutama pada saat lutut diluruskan atau dibengkokkan. Apabila rasa nyeri ringan, Anda dapat berjalan. Nyeri tahap lanjut terjadi apabila fragmen meniskus terkurung di antara femur (tulang paha) dan tibia (tulang kaki), dan memberikan sensasi mengunci.

Lutut akan membengkak segera setelah bedah apabila pembuluh darah pecah, atau pembengkakan dapat terjadi beberapa jam berikutnya apabila sendi terisi dengan cairan yang dihasilkan oleh sendi sebagai akibat peradangan yang terjadi.

Biasanya, cedera yang terjadi di masa lampau dan tidak dirawat dapat menjadi sakit setelah beberapa bulan atau beberapa tahun, terutama apabila lutut mengalami cedera kembali. Keluhan akut cedera meniskus dapat mereda setelah beberapa saat istirahat namun biasanya akan kembali lagi dan membutuhkan perawatan tertentu.

Bagaimana saya dapat mengetahui bahwa meniskus saya sobek?

Penjelasan Anda berkaitan dengan cedera serta rasa nyeri dan pembengkakan sangatlah penting. Dokter Anda akan menyarankan untuk melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan X-ray pada lutut. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat cedera tulang.

Dokter akan meminta Anda untuk membengkokkan lutut dan memutar kaki ke luar dan ke dalam sewaktu diluruskan. Rasa nyeri atau bunyi klik menunjukkan adanya sobekan pada meniskus. Pemeriksaan MRI membantu mengidentifikasi diagnosis namun tidak selalu dibutuhkan.

Apa yang selanjutnya dilakukan?

Perawatan sangat tergantung pada keluhan dan keparahan sobekan. Terapi akut seperti terapi RICE, meliputi Rest, Ice, Compression dan Elevation.

Pemberian obat-obatan anti inflamasi dapat membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri. apabila sobekan kecil dan keluhan sudah mereda, dokter akan menyarankan program penguatan otot dengan fisioterapis.

Namun apabila sobekan besar, dan terutama apabila lutut terkunci, dokter akan menyarankan untuk dilakukan bedah. Bedah ini dilakukan dengan arthroskopi dan meniskus dapat dijahit kembali ke tempatnya apabila cedera terjadi pada daerah dengan suplai darah yang baik. Sebagian besar dewasa muda dapat kembali berolahraga setelah terapi perbaikan meniskus.

Apabila sobekan pada daerah dengan suplai darah yang buruk, sebagian meniskus dibuang. Pada beberapa kasus, semua meniskus harus dibuang.Hal ini adalah kondisi yang buruk karena osteoarthritis dapat berkembang pada daerah yang telah kehilangan meniskus. Kehilangan fungsi bantalan meningkatkan tekanan kontak pada permukaan sendi dan kartilago lebih rentan terjadi kerusakan.

Apakah kualitas hidup saya dipengaruhi setelah meniskus dibuang?

Walaupun semua meniskus telah dibuang, hal ini bukanlah akhir dari segalanya. Tujuan utama saat ini adalah menjaga kartilago selama mungkin.

Sebagai awal, latihan penguatan sendi lutut (seperti kuadrisep dan hamstring) dapat dilakukan. suplemen kartilago oral seperti glukosamin terbukti membantu perbaikan kartilago yang rusak. Tekanan yang berlebihan pada lutut sebaiknya dihindari. Hal ini tidak berarti Anda tidak dapat berolahraga.

Gunakan sepatu yang baik, berlari pada lantai yang lembut (seperti di stadium), latihan cross train, dan istirahat yang cukup.
Apabila dirasakan tidak nyaman, obat-obatan anti inflamasi dapat membantu. Dokter juga dapat menyuntikkan pelumas sendi ke lutut untuk mengurangi friksi, seperti hal nya pada mesin mobil. Prosedur ini dapat diulangi apabila dibutuhkan. Apabila lutut tidak dapat diluruskan, bedah perbaikan pada lutut dapat membantu meredakan tekanan berlebih pada sendi.

Apakah ada perawatan terkini pada kasus kehilangan meniskus?

Solusi permanen pada kasus kehilangan meniskus adalah menggantinya. Sayangnya, meniskus kita tidak dapat mengalami regenerasi, seperti hal nya gigi dewasa.Terapi penggantian meniskus dikenal dengan istilah transplantasi allograft meniskus yang dapat dilakukan oleh ahli bedah dengan mengganti meniskus seseorang dengan meniskus dari kadaver. Meniskus juga dapat diganti dengann cangkok buatan yang terbuat dari kolagen. Kolagen bertindak sebagai bingkai untuk pertumbuhan meniskus yang baru.

a1Semoga bermanfaat

dr Megaputera SpOT
www,.surabayakneecentre.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *