Artroskopi

Table of Contents :

 

Apa guna artroskopi

 

Kapankah dibutuhkan tindakan artroskopi ?

Artroskopi dapat digunakan untuk membuat diagnosis  dan terapi dari berbagai radang sendi baik karena trauma maupun infeksi.

Pada artritis dengan keradangan seperti rhematoid arthtritis maupun  pasien dengan keradangan kronis pada sendi lutut seperti osteoaarthtritis, maupun septic arthritis,  dapat memperoleh keuntungan dengan tindakan artroskopi.

Artroskopi dapat menghilangkan  jaringan yang mengalami keradangan dengan prosedur synovectomy.  Selain itu dengan artroskopi, jaringan sinovial dapat dibiopsi dan diperiksa di bawah mikroskop guna melihat penyebab dari keradangan serta melihat adakah tanda infeksi seperti akibat tuberkulosis.

Tindakan artroskopi dapat pula memberikan informasi yang baik  akan proses yang terjadi di dalam sendi dengan melakukan aspirasi (mengambil cairan) dengan jarum dan kemudian diperiksakan jenis cairan sendinya

Berbagai trauma pada sendi seperti robekan pada jaringan tulang rawan (meniscus tears), Radang pada ligament dibawah sendi lutut (patella) dapat pula diterapi.

Untuk daerah yang sukar untuk dievaluasi seperti pada lutut dan bahu, pemeriksaan ini juga bisa digunakan .