Bagaimana lutut tersusun

Table of Contents :

  1. Apa guna artroskopi
  2. Rekonstruksi ACL
  3. Bagaimana lutut tersusun
  4. Penjadwalan
  5. Persiapan Artroskopi
  6. Pembiusan
  7. Prosedur Artroskopi
  8. Pemulihan Paska Artroskopi

Bagaimana lutut tersusun

 

Bagaimana lutut tersusun? Apa fungsinya?

 

1

Regio Lutut tersusun atas dua jenis jaringan, yaitu jaringan keras (hard tissue) dan jaringan lunak (soft tissue). Jaringan keras, meliputi: tulang keras (compact bone) dan tulang rawan (cartilage). Jaringan lunak, meliputi: ligamen, meniscus, kapsul, otot, syaraf dan pembuluh darah.

Terdapat empat tulang di regio lutut, yaitu: tulang paha (femur), tulang kering (tibia), tempurung lutut (patella), dan tulang betis (fibula). Sendi lutut memiliki tiga kompartemen. Kompartemen pertama dan kedua, berada di antara tulang femur dan tulang  tibia, terbagi atas kompartemen sisi dalam (medial) dan sisi luar (lateral). Kompartemen ketiga berada di antara tulang patella dan tulang femur yang membentuk sendi patellofemoral. Tulang femur bersama tulang tibia, membentuk sendi lutut utama.

Sendi lutut dibungkus oleh kapsul sendi, di dalamnya terdapat ligamen yang melekat di sisi dalam dan luar (ligamen kolateral), berikut juga terdapat ligamen yang saling menyilang di  dalam sendi (ligamen cruciatum). Ligamen ini memberikan stabilitas dan kekuatan untuk sendi lutut.

 

2

 

Meniskus adalah bantalan tulang rawan yang menebal dan terletak di sendi lutut. Meniskus bertindak untuk menghaluskan pergerakan dan menyerap beban tubuh terhadap lutut ketika berdiri serta membantu dalam menyalurkan cairan sendi untuk pelumasan sendi. Sendi lutut dikelilingi oleh kantung berisi cairan yang disebut bursae, yang berfungsi sebagai permukaan luncur untuk mengurangi gesekan pada tendon.

 

Di bawah (inferior)  tempurung lutut, ada tendon besar (tendon patela) yang menempel pada bagian depan tulang tibia.Ada pembuluh darah besar melewati area belakang lutut (disebut sebagai ruang poplitea). Otot-otot besar paha menggerakkan lutut. Di bagian depan paha, otot-otot quadriceps meluruskan sendi lutut. Di bagian belakang paha, otot-otot hamstring menekuk sendi lutut.

 

Lutut juga berputar sedikit di bawah kendali otot paha tertentu.
Lutut berfungsi untuk pergerakan kaki dan sangat penting untuk berjalan normal. Lutut dapat ditekuk maksimum hingga 135 derajat dan diluruskan ke 0 derajat.