Blog Section

GEJALA DAN TIPE OSTEOPOROSIS

apa itu osteoporosisOsteoporosis sering timbul secara diam-diam dan sering tidak ditemukan sampai terjadinya patah tulang.  Kadang kala, osteoporosis juga bisa timbul tanpa gejala  timbul.

Mari kita  baca dan pelajari sekilas mengenai  osteoporosis.

Gejala

Osteoporosis dapat merupakan penyakit yang silent(tanpa keluhan) akan tetapi banyak pasien menderita gejala seperti nyeri pada bagian punggung dan penurunan berat badan.

Fraktur kompresi (penekanan) dari tulang belakang

Nyeri punggung mendadak terutama pada wanita tua, sering menandakan adanya fraktur kompresi (penekanan) tulang belakang,  tanda dari tulang belakang yang lemah.

Tanda awal yang harus diwaspadai

Osteopenia

Banyak diantara kita, dengan bertambahnya usia,  memiliki tulang yang  makin tipis tanpa menyadarinya. Osteoponia adalah penipisan  tulang dalam derajat ringan, yang suatu saat akan berakibat pada terjadinya osteoporosis. Ada baiknya anda mengkonsultasikan pada dokter tulang anda mengenai ada tidaknya penipisan tulang. Dokter anda akan menyarankan beberapa pemeriksaan untuk mendeteksi terjadinya osteoporosis

apa itu osteoporosis 2

.Type Osteoporosis

1. Juvenile Osteoporosis

Osteoporosis jarang mempengaruhi anak-anak. Akan tetapi begitu mempengaruhi anak-anak, hal ini biasanya terjadi karena kondisi medis atau akibat pengobatan. Kondisi ini akan menyebabkan masalah yang signifikan  karena pada kondisi ini anak sedang dalam masa pertumbuhan .

2. Osteoporosis pada dewasa

Apakah anda mengetahui bahwa banyak tipe berbeda dari osteoporosis? Pria dan wanita dari segala kelompok etnis dapat menderita osteoporosis. Demikian pula dengan anak dan remaja.

Komplikasi

1. Nyeri akibat osteoporosis

Patah tulang diakibatkan osteoporosis dapat terasa sangat nyeri dan kadang kala akan terjadi nyeri dan gangguan ketidakmampuan ( disabilitas) selama berbulan bulan. Aktivitas fisik dapat membantu kesehatan tulang.

2. Osteoporosis dan  Fraktur tulang belakang

Banyak orang , terutama mereka dengan osteoporosis akan menderita nyeri punggung yang berat , yang diakibatkan oleh patah tulang belakang. Patah tulang belakang dapat sangat nyeri dan juga akan menyebabkan  kelainan pada bentuk tulang belakang

Fraktur Tulang Belakang

Konsultasikanlah dengan dokter anda untuk menentukan terapi terbaik bagi  tulang anda. Juga diskusikanlah dengan dokter anda mengenai terapi untuk mencegah terjadinya patah tulang di masa yang akan datang

 

Faktor Risiko Osteoporosis dan komplikasi

 

Osteoporosis akan timbul jika pembentukan tulang baru tidak mampu menyamai atau menyeimbangkan pembongkaran tulang lama. Tulang kemudian akan menjadi lemah dan mudah patah dan lebih mungkin untuk terjadinya patah tulang