Blog Section

Ini Dia Beberapa Penyebab Lutut Sakit

penyebab lutut sakitAda beberapa hal yang dinyatakan sebagai penyebab lutut sakit. Namun sebelum membahas mengenai beberapa bentuk penyebab tersebut, sebaiknya anda kenali dulu apa yang disebut dengan lutut sakit atau nyeri lutut. Nyeri lutut dikenal sebagai rasa sakit yang terjadi pada organ persendian, dan umumnya lebih sering dikeluhkan oleh para orang tua atau mereka yang telah berusia dewasa. Namun bukan berarti remaja dan anak-anak tidak pernah mengalaminya, karen banyak pula kalangan muda, seperti halnya remaja dan bahkan anak-anak yang juga turut mengalaminya, Nyeri sendi yang terjadi di bagian lutut ini juga seringkali hadir setelah terjadinya cedera atau pun trauma, dan bahkan dapat pula timbul sebagai akibat dari adanya penyakit kronis. Berikut ini adalah penjelasan singkat dari beberapa penyebaba utama munculnya sakit lutut, diantaranya :

  • Pada orang dewasa hal ini seringkali muncul sebagai akibat dari adanya masalah medis dengan tingkat kronis, seperti halnya pengapuran pada sendiri lutut atau lebih dikenal dengan sebutan osteoarthritis atau OA.
  • Nyeri lutut akibat cedera atau pun trauma, bentuk penyebab munculnya sakit lutut yang satu ini akan mempengaruhi satu atau bahkan beberapa bagian dari lutut, seperti halnya tendon, ligamen, dan bahkan kantung yang berisi cairan yang disebut bursae. Bagian yang satu ini mengelilingi bagian lainnya termasuk persendian yang terdapat di bagian dalam lutut.
  • Rusaknya menisci, menisci dikenal sebagai lapisan tipis dari tulang rawan, yang juga terletak pada bagian tibia serta femur. Bentuk menisci ini nampak seperti bulan sabit atau cakram dengan bagian dari jaringan ikat yang kemudian menyerap dari sebagain besar tekanan yang terdapat di anggota gerak tubuh bagian bawah.
  • Tendinitis yaitu bentuk peradangan yang terjadi pada bagian tendon lutut. Hal ini ditandai dengan munculnya kemerahan yang muncul di sekitar bagian lutut dan akan terasa sakit apabila disentuh.
  • Bursitis bursae yang mengalami peradangan juga dapat menjadi salah satu penyebab utama terjadikan rasa sakit pada bagian lutut anda. Bursae dikenal sebagai jenis kantong-kantong dengan ukuran kecil yang di dalamnya terdapat cairan. Cairan tersebut berguna untuk melumasi bagian tendon dari persendian di sekitar pinggul, kemudian bahu, serta lutut yang berperan penting, sehingga anda pun dapat melakukan gerakan dengan lebih bebas setiap harinya.
  • Wanita dengan batas usia di atas 55 tahun juga menjadi penyebab utama munculnya rasa sakit pada bagian lutut, karena pada usia ini wanita cenderung mengalami pengapuran sendi atau lebih dikenal dengan sebutan Osteoarthritis atau OA. Kondisi yang satu ini umumnya muncul sebagai akibat dari hilangnya bagian tulang rawan, sehingga tulang yang satu dengan bagian tulang lainnya pun saling bergesekan dan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa utamanya ketika lutut anda mulai digerakkan.

 

Itulah kiranya beberapa bentuk penyebab lutut sakit yang paling utama dan banyak dirasakan oleh masyarakat Indonesia saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *