Blog Section

KEDELAI UNTUK OSTEOPOROSIS

kedelaiMengkonsumsi protein kedelai  mungkin salah satu cara mudah untuk membantu membangun tulang yang kuat dan menurunkan risiko osteoporosis.

Osteoporosis paling sering dijumpai  pada orang tua karena pada usia tua tulang menjadi tipis, lemah dan rapuh. Amerika Serikat memiliki salah satu tingkat tertinggi di dunia osteoporosis. Antara

15 hingga 20 juta orang Amerika menderita penyakit ini. Wanita lebih banyak terkena dengan rasio 1 diantara 5 orang wanita terjadi retak pada tulangnya.

Kabar baiknya  adalah bahwa diet dan perubahan gaya hidup akan sangat mengurangi risiko osteoporosis. Contohnya adalah olahraga.  Aktivitas fisik dapat memperlambat hilangnya materi tulang yang terjadi dengan penuaan. Bahkan, olahraga  juga dapat  meningkatkan kepadatan tulang.

Mengkonsumsi makanan yang benar dan sehat juga sehat juga penting untuk tulang kuat. Nutrisi, seperti kalsium dan vitamin D, membantu meningkatkan kesehatan tulang.

Kebanyakan  orang berpikir bahwa  susu adalah  sumber kalsium utama. Hal ini sama sekali tidaklah benar. Banyak makanan mengandung calcium. Diantaranya adalah Kacang-kacangan, seperti kacang kedelai, merupakan sumber alami kalsium yang baik.

Satu cangkir kedelai mengandung  12 persen dari kalsium harian yang direkomendasikan. Kalsium dalam kedelai  sangat baik diserap oleh tubuh. 1/2 cangkir tahu dapat menyediakan antara 80 dan 435 mg kalsium. Dosis  Harian yang direkomendasikan untuk kecukupan kalsium bagi  orang dewasa adalah 800 miligram

Menambahkan kedelai dan makanan mengandung protein kedelai juga dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis.

Protein kedelai dapat melindungi fungsi tulang karena berbagai hal berikut :
•Proteinkedelai  kaya akan kalsium.
•Protein kedelai membantu menghemat kalsium dalam tubuh.
•Senyawa dalam kedelai dapat melindungi kekuatan tulang.

Kedelai adalah sumber yang unik dari kelompok senyawa yang disebut isoflavon. Kedelai adalah satu-satunya makanan yang mengandung senyawa ini dalam jumlah yang banyak. Salah satu jenis isoflavon daidzein menyerupai senyawa kimia  yang digunakan di Asia dan Eropa untuk mengobati osteoporosis.

Ketika isoflavon  dimetabolisme dalam tubuh, akan dihasilkan  daidzein senyawa yang sama ditemukan dalam kedelai. Hal ini menunjukkan bahwa mengkonsumsi protein kedelai sumber alami daidzein – bisa membantu mengurangi risiko osteoporosis. Jenis  isoflavon lain dalam soyfoods,yaitu  genistein, dapat pula  membantu. Dalam sebuah penelitian terbaru, genstein ditunjukkan untuk menghambat kerusakan tulang.

Sudahkah anda mengkonsumsi kedelai hari ini?
kedelai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *