Blog Section

Lutut Saya Kaku. Kenapa Ya?

lutut kaku (stiff knee) adalah suatu keadaan dimana lutut mengalami kesulitan/ memerlukan usaha yang lebih besar, untuk bergerak sesuai dengan rentang gerak sendi nya (ROM: Range Of Motion)

rentang gerak sendi lutut: -10• s.d 130•

lutut kaku terjadi akibat adanya proses peradangan di komponen penyusun sendi lutut.

selanjutnya, proses peradangan ini membuat komponen penyusun sendi lutut tidak dapat berfungsi secara optimal, sehingga lutut tidak dapat digerakkan sesuai dengan rentang gerak sendi normalnya.

suatu sendi bila dalam waktu lama bergerak dengan rentang gerak yang terbatas atau bahkan tidak digerakkan sama sekali, dapat menyebabkan:
1. produksi pelumas/ oli sendi semakin berkurang.
2. kerusakan sendi
3. pemendekan dan semakin mengecilnya ukuran otot2

keadaan ini semakin memperburuk kondisi lutut kaku, yaitu: rentang gerak sendi lutut menjadi semakin menyempit dan sendi lutut semakin susah untuk digerakkan (kontraktur, contracture)

Dalam mengobati lutut kaku ini, dokter spesialis orthopaedi mencari tahu lebih detil, komponen penyusun sendi lutut mana yang mengalami proses peradangan.

komponen jaringan keras (hard tissue) nya? atau
komponen jaringan lunak (soft tissue) nya?

*baca SKC 3*

pengobatan thd keadaan kaku sendi adalah dengan:
1. mengobati komponen sendi yang mengalami proses peradangan.
2. melakukan latihan rentang gerak sendi (Range Of Motion Exercise (ROME)) secara benar dan di waktu yang tepat, sesuai petunjuk dokter spesialis orthopaedi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *