Blog Section

Manfaat ARTROSKOPI untuk atlit

Anda yang aktif berolahraga baik berprofesi sebagai atlet maupun pecinta olahraga, otomatis tidak bisa terhindari dari risiko terkena cedera olah raga. Terkadang, cedera yang ditimbulkan sampai membutuhkan adanya  tindakan operasi untuk mencegah sesuatu trauma yang lebih berat

Salah satu teknik  operasi terkait cedera olah raga adalah dengan menggunakan artroskopi. Dengan tekhnik ini maka  pembedahan dengan sayatan kecil pada sendi bisa dilakukan. Pada artroskopi dibutuhkan sayatan  sekitar 2-10 mm untuk memasukkan alat operasi ke dalam sendi.

Bagian dalam dari sendi lalu akan muncul di  kamera monitor. Melalui kamera tersebut, dokter bisa melakukan upaya perbaikan pada sendi. Perbaikan  ini bisa dilakukan pada sendi lutut  bahu, siku,  dan engkel.

Pengerjaan operasi dengan alat artroskopi ini dilakukan oleh dokter spesialis ortopedi yang mendalami operasi artroskopi. Dibutuhkan waktu kira-kira 1,5 hingga 2,5 jam. Usai dari ruang operasi, pasien akan menginap selama beberapa hari di rumah sakit. Sesudahnya, pasien akan menjalani proses rehabilitasi selama beberapa bulan untuk melatih sendi sebelum berjalan dengan biasa.

Berbeda dengan operasi konvensional yang melakukan pembedahan secara lebih luas, operasi artroskopi hanya membutuhkan beberapa sayatan kecil. Seperti pada kasus sobek atau putusnya ligamen ACL yang ada di lutut hanya membutuhkan tiga sayatan. Sayatan yang kecil membuat pemulihan berjalan lebih cepat yaitu sekitar 6-9 bulan pasca operasi.  Kecepatan penyembuhan tergantung  pada bagaimana kepatuhan pasien terhadap saran dokter, asupan gizi, aktivitas fisik dan hal-hal bersifat individual lainnya.

Dengan penggunan artroskopi yang memungkinkan cepatnya waktu pemulihan, membuat para atlet profesional memilih untuk menjalani operasi ini demi dapat kembali beraktivitas di lapangan seperti biasa.

dr Megaputera SpOT

dokter bedah tulang

subspesialis cidera olah raga dan nyeri sendi lutut

WA 0811 3322 199

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *