Blog Section

Operasi ACL untuk Trauma ACL

Pelaksanaan operasi aclOperasi ACL – Anterior Cruciate ligament  (ACL) adalah jaringan pada sendi lutut yang menghubungkan tungkai bawah kita dengan tulang paha. Ligamen ini seperti jaringan ikat yang mencegah terjadinya pergeseran dari tulang kita saat kita beraktivitas. Ligamen ini sangat kuat dan berada di bagian tengah sendi lutut serta menyilang di bagian depan. Fungsi ligamen ini adalah untuk menstabilkan sendi  lutut pada gerakan depan dan belakang serta gerakan berputar ( rotasi). ACL  sering mengalami cedera pada olah raga lari, lompatan dengan gerakan berputar, gerak memutar dengan tiba tiba seperti pada sepak bola, volley, basket, saat kecelakaan lalu lintas. Penyebab lainnya adalah karena melompat dengan lutut yang lurus secara berlebihan. Kejadian trauma pada acl akan mengantarkan pada operasi ACL.

Cedera pada CL ini sering terjadi pada usia 15 hingga 25 tahun dan terutama pada mereka yang aktif berolahraga. Pria terkena lebih sering dibandingkan wanita.

Mengetahui Gejala kerusakan ACL untuk Mencegah Operasi ACL

Pada saat cedera biasanya anda akan mendengar suara seperti ada bagian yang patah di dalam sendi. Anda akan merasa tiba-tiba  ‘kehilangan tenaga’ dan langsung  terjatuh.Setelah beberapa waktu, kadang anda dapat berjalan kembali tetapi  dengan terpincang pincang. Sendi lutut   anda juga akan sulit digerakkan karena nyeri yang disertai dengan  bengkak pada lutut

Namun sering, setelah cedera 1-2 hari,  anda akan dapat berjalan seperti biasa. Keadaan ini bukan berarti ACL anda  sudah sembuh. Biasanya selang beberapa waktu, anda akan merasakan lutut anda mudah goyah, disertai adanya nyeri dan rasa tidak stabil pada lutut. Dengan cedera ACL akan sulit bagi anda untuk  melakukan aktifitas yang bersifat high-impact sports, seperti main bola, futsal, basket atau badminton.

Adanya kerusakan ACL ditegakkan berdasarkan :

  1. Pemeriksaan dokter bedah orthopaedi
    Pemeriksaan penunjang Pemeriksaan penunjang yang dilakukan yaitu pemeriksaan X ray, MRI
  2. Pemeriksaan fisik.
    Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan seperti  lachman test, anterior drawer sign, dan pivot test

Tindakan pertama pada saat cedera

Tujuan utama pengobatan adalah untuk mengurangi nyeri dan bengkak yang terjadi. Yang bisa dilakukan saat awal adalah dengan tindakan RICE

  1. Rest : Lutut diistirahatkan dengan tidak digunakan terlebih dahulu sampai bengkak menghilang
  2. Ice: Kompres dengan es atau air dingin
  3. Compression: Dibalut dengan compression bandage
  4. Elevation: Berbaring dengan tungkai ditinggikan untuk mengurangi bengka

Tindakan operatif

Pada beberapa kasus, trauma ACL harus dilakukan operasi dengan tindakan artroskopi.Kerusakan ACL dapat diperbaiki dengan menggantinya dengan menggunakan tendon yang berasal dari bagian tubuh lain (autograft). Dibandingkan operasi konvensional, tindakan  artroskopi memiliki lebih banyak keuntungan karena:

1.Dapat melihat dengan jelas bagian dalam lutut

2.Hanya diperlukan sayatan kecil sehingga tidak menimbulkan nyeri yang berat

3. Setelah operasi, pasien dapat segera ambulatoir

4. Bisa dilakukan one day care surgery

5. Pada saat yang sama dapat melihat dan menanggulangi kerusakan struktur lain lutut yang cedera

6. Risiko lebih rendah

7. Rehabilitasi lebih cepat

Persiapan Operasi

  • Tergantung usia, persiapan operasi meliputi pemeriksaan darah, urine rutin, thorax photo dan EKG
  • Program rehabilitasi post operasi dan persiapan brace (alat bantu) didiskusikan sbelum operasi dilakukan
  • Anastesi biasanya dilakukan dengan spinal anastesi  (regional anastesi) berupa suntikan anastesi di tulang belakang.

Recovery setelah penyembuhan ACL

Pada umumnya anda akan menjalankan rawat inap  semalam di rumah sakit dan anda akan  langsung dapat  berjalan dengan menggunakan tongkat. Setelah 2 minggu, penggunaan tongkat biasanya dihentikan sedangkan penggunaan brace dapat diteruskan hingga 2-3 bulan.  Anda dapat berjalan dengan cepat dan naik maupun turun tangga setelah  3 bulan.  Aktivitas olah raga ringan seperti Jogging dapat mulai dilakukan setelah 4 bulan dan olah raga seperti volley serta  sepak bola dapat dilakukan setelah 6 bulan.

 

operasi acl pada trauma aclKomplikasi pasca operasi

Komplikasi yang dapat timbul  setelah operas antara lain adanya risiko infeksi, kekakuan pasca operasi, nyeri pasca operasi. Akan tetapi jarang didapatkan komplikasi yang bersifat  fatal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *