Blog Section

Siapa yg harus dilakukan BMD Scan ?

Apakah anda memerlukan test untuk diagnosis osteoporosis dengan scan  BMD?

scan BMDTidak semua wanita memerlukan pemeriksaan dengan BMD.

Rekomendasi oleh  National Osteoporosis Foundation menyatakan bahwa ada beberapa kelompok orang yang harus melakukan pemeriksaan  DXA  yaitu:

  • Semua wanita  postmenopausal <  65 tahun disertai adanya  risiko osteoporosis
  • Semua wanita di atas usia  65 tahun
  • Wanita post menopause   dengan fraktur ( patah tulang ). Walaupun hal ini bukan merupakan suatu keharusan, tetapi  sebaiknya terapi osteoporosis  segera dimulai tanpa memperdulikan densitas tulang
  • Wanita yang memutuskan untuk memulai terapi  osteoporosis dapat dilakukan pemeriksaan bone density measurement ( BMD) untuk menentukan ada tidaknya osteopenia ( suatu  cikal bakal osteoporosis)

The National Osteoporosis Foundation guidelines  menyatakan bahwa tes densitas tulang  ini tidak perlu dilakukan apabila pasien yang akan dilakukan pemeriksaan tidak bersedia untuk dilakukan terapi berdasarkan hasil BMD.

Apakah pilihan terapi dari osteoporosis dan apakah osteoporosis bisa dicegah ?

Tujuan dari terapi adalah untuk pencegahan patah tulang dengan cara:

  1. mengurangi hilangnya masa tulang
  2. dengan meningkatkan densitas tulang
  3. dengan meningkatkan kekuatan tulang.

Walaupun deteksi awal dan terapi dari osteoporosis akan mengurangi risiko dari patah tulang di masa yang akan datang,  tidak ada terapi dari osteoporosis yang akan secara total menyembuhkan osteoporosis. Dengan kata lain, sangatlah sukar untuk membangun kembali  tulang secara menyeluruh dan lengkap yang sudah terlanjur terkena osteoporosis.

Oleh karenanya, pencegahan  osteoporosis  sama pentingnya dengan terapi.

Dibawah  ini adalah terapi osteoporosis dan rekomendasi pencegahannya :

  1. Perubahan gaya hidup

Stop merokok dan  konsumsi alkohol. Berolah raga secara rutin serta mengkonsumsi diet yang seimbang dengan komposisi  asupan calcium dan vitamin D yang seimbang

  1. Terapi dengan Obat –obatan yang menghambat hilangnya masa tulang dan meningkatkan kekuatan otot seperti  alendronate ( fosamax), risedronate ( actonel ) , raloxifene  (Evista), ibandronate (Boniva), calcitonin  (Calcimar), zoledronate (Reclast), and denosumab (Prolia)
  2. Obat-obatan yang meningkatkan pembentukan tulang seperti  teriparatide (Forteo)

scan BMD 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *