Blog Section

Tendonitis

Olah raga yang melibatkan berlari, melompat, dan menendang dapat  menyebabkan nyeri di bagian depan lutut.

Dewasa muda, remaja  maupun anak anak bisa dapat merasakan keluhan ini selama masa pertumbuhan tulang. Pertumbuhan tulang timbul lebih cepat daripada pertumbuhan jaringan lunak dan bersamaan dengan kekakuan  dari jaringan pengikat (tendon) di depan sendi lutut, bisa menyebabkan suatu tendonitis.

TendoOLYMPUS DIGITAL CAMERAn di depan lutut anda disebut sebagai tendon patellar. Tendon ini menghubungkan otot kuadriseps dengan tulang kering (tibia). Tendon ini bisa dibagi menjadi dua bagian yaitu tendon quadriceps dan tendon patellar. Tendon quadriceps berada diatas patella (tempurung lutut) dan tendon patellar berada di bawah tempurung. Pada saat otot quadriceps bergerak (berkontraksi) otot ini akan menarik tendon ( jaringan ) ikat sehingga  lutut posisinya menjadi lurus.  Otot kuadriseps ini berperanan dalam banyak aktivitas  termasuk berjongkok, memanjat, naik dan turun tangga, menendang, berlari dan melompat.

 

 

 

Osgood Schlatter

Osgood Schlatter  timbul di bagian bawah dari tendon yang berikatan dengan tulang kering. Kontraksi dari otot kuadriseps akan menarik tendon dan tulang dimana tendon berikatan. Adanya stress yang atau trauma berulang dapat mengakibatkan benjolan di depan tulang kering lutut.

 

Sinding Larson Johansson

Sinding Larson Johansson menyerupai  Osgood Schlatter tetapi penyakit ini timbul pada lokasi yang berbeda, yaitu dibawah tempurung lutut (patella). Benjolan bisa ditemukan dibawah tempurung lutut

 

Patellar tendonitis

Tendonitis patellar adalah saat tendon mengalami iritasi. Kondisi ini sedikit berbeda dengan kedua kondisi di atas karena tidak terjadi di dekat perlekatan dari tendon terhadap tulang.

Kondisi ini memiliki gejala yang serupa yaitu :

  • Nyeri di depat lutut dengan berlari, melompat,  berjongkok, naik dan turun tangga
  • Nyeri saat fleksi penuh 9 menekuk ) otot secara penuh
  • Nyeri di kedua lutut
  • Dapat timbul adanya benjolan di area yang nyeri
  • Nyeri saat awal memulai aktivitas dan kembalinya nyeri pada saat aktivitas dihentikan

Evaluasi oleh dokter kami  dr Megaputera, dr SPOT akan membantu anda untuk menyingkirkan penyebab.

 

Terapi

Rehabilitasi akan meningkatkan fleksibilitas dari otot di sekitar lutut anda. Kadang kala dibutuhkan tindakan bedah untuk menghilangkan kerusakan dari tendon. Rehabilitasi dibutuhkan agar anda dapat kembali ke aktivitas normal setelah tindakan bedah.  Rehabilitasi bertujuan untuk mengembalikan kekuatan otot secara penuh dan simetris.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *